Breaking News

Sunday 21 October 2018

MOODLE untuk Pemula

Moodle diciptakan oleh Martin Dougiamas. Pada saat itu, ia sedang mengenyam pendidikan pascasarjana di Curtin University of Technology di Australia. Pada tahun 2002, ia dinobatkan menjadi seorang Webmaster bagi universitasnya sekaligus diangkat menjadi administrator sistem bagi instalasi WebCT. Kemudian Martin mulai mengembangkan platform ini demi menyelesaikan beberapa masalah terkait WebCT.

Pada tahun 2002, Versi 1.0 dirilis oleh platform ini. Sejak itu, kemudian terus berkembang dengan pesat, dikelola oleh Martin dan didorong oleh komunitas pengguna (user) dan pengembang  (developer) yang proaktif dari seluruh dunia (Chavan, dan Pavri, 2004).


Apa itu Moodle?

Moodle adalah sebuah platform untuk belajar (learning platform) yang didesain khusus bagi pendidik, admin dan murid-muridnya. Moodle sebenarnya merupakan singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Platform ini tergolong CMS namun khusus bagi kepentingan edukasi. CMS yang satu ini dirancang sedemikian rupa dengan sistem yang kuat, aman dan terintegrasi.  

Di internet memang ada banyak sekali CMS berjenis Learning Management System (LMS) selain platform ini. Apa saja? Ada juga Dokeos, Atutor, dan Opigno yang berbasis Drupal.

Kelebihan Moodle

LMS satu ini dirancang berdasarkan Social Constructionist Pedagogy (tepatnya, konstruksi sosial). Moodle telah mengklaim dirinya sebagai wadah yang berfokus membentuk komunitas kuat. Anggota-anggota komunitas inilah yang diharapkan bisa saling membantu sama-lain.

Platform ini juga bisa digunakan oleh siapapun juga karena sifatnya yang open-source. Anda bisa membangun sebuah sub-sistem berkonsep e-Learning atau juga biasa disebut dengan Distance Learning.

Selain itu, materi pembelajaran yang ingin Anda berikan atau dapatkan juga beragam sekali. Bahkan beberapa sumber/resource juga bisa Anda tempelkan ke materi yang Anda buat. Berikut adalah beberapa bentuk pengemasan materi yang bisa Anda kreasikan dengan platform ini:

Tugas (Assigment)
Pesan (Chat)
Forum
Kuis
Survei
Tak sampai di situ, platform ini juga menyediakan kemudahan bagi penggunanya dalam mengganti-ganti tampilan (theme). Platform ini menyediakan beberapa variasi tema menarik yang bisa mempercantik modul Anda. Anda bahkan juga bisa modifikasi tema tersebut.

BERSAMBUNG >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

No comments:

Post a Comment

tulis disini!

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog