RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                     Satuan Pendidikan      :  SMK
SANJAYA BAJAWA
Kelas/Semester : X ELIND / Gazal
Mata Pelajaran : Simulasi Digital (SimDig)
Topik : Komunikasi dalam Jaringan (daring-online)
Waktu : 3 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Kelas/Semester : X ELIND / Gazal
Mata Pelajaran : Simulasi Digital (SimDig)
Topik : Komunikasi dalam Jaringan (daring-online)
Waktu : 3 x 45 menit (1 kali pertemuan)
A.  Kompetensi Inti SMK Kelas X 
1.     
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. 
2.     
Menghayati 
dan  mengamalkan  perilaku 
jujur,  disiplin,  tanggung 
jawab,  peduli  (gotong royong,  kerjasama, 
toleran,  damai),  santun, 
responsif  dan  pro-aktif 
dan  menunjukkan sikap  sebagai 
bagian  dari  solusi 
atas  berbagai  permasalahan 
dalam  berinteraksi  secara efektif  dengan 
lingkungan  sosial  dan  alam  serta 
dalam  menempatkan  diri 
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
3.     
Memahami, 
menerapkan  dan  menganalisis 
pengetahuan  faktual,  konseptual 
dan prosedural  berdasarkan  rasa 
ingin  tahunya  tentang 
ilmu  pengetahuan,  teknologi, 
seni, budaya  dan  humaniora 
dalam  wawasan  kemanusiaan, 
kebangsaan,  kenegaraan,  dan peradaban 
terkait  penyebab  fenomena 
dan  kejadian  dalam 
bidang  kerja  yang 
spesifik untuk memecahkan masalah. 
4.     
Mengolah, 
menalar  dan  menyaji 
dalam  ranah  konkret 
dan  ranah  abstrak 
terkait  dengan pengembangan  dari 
yang  dipelajarinya  di 
sekolah  secara  mandiri, 
dan  mampu  melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan
langsung. 
B.  Kompetensi Dasar 
1.1.
Memahami  nilai-nilai  keimanan 
dengan  menyadari  hubungan 
keteraturan  dan kompleksitas alam
dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya. 
1.2.
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan
sehari-hari. 
2.1.
Menunjukkan  perilaku  ilmiah 
(memiliki  rasa  ingin 
tahu;  objektif;  jujur; 
teliti;  cermat; tekun;  hati-hati; 
bertanggung  jawab;  terbuka; 
kritis;  kreatif;  inovatif 
dan  peduli lingkungan)  dalam 
aktivitas  sehari-hari  sebagai 
wujud  implementasi  sikap 
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi. 
2.2.
Menghargai  kerja  individu 
dan  kelompok  dalam 
aktivitas  sehari-hari  sebagai 
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1.
Memahami komunikasi dalam jaringan (daring-online). 
4.1.
Menyajikan hasil pemahaman tentang komunikasi dalam jaringan (daring-online). 
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi 
- Mengaplikasikan sikap kritis dan rasa ingin tahu dalam berdiskusi
- Menunjukkan perilaku disiplin dalam bertanya dan berdiskusi.
- Mampu memahami pengertian, tujuan dan fungsi komunikasi dalam jaringan.
- Mengetahui jenis dan komponen pendukung komunikasi dalam jaringan.
D.  Tujuan Pembelajaran 
Dengan kegiatan diskusi
dalam pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan (daring-online)  ini diharapkan  siswa 
terlibat  aktif  dalam 
kegiatan  pembelajaran  dan 
disiplin  dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat: 
- Mengklasifikasikan pelbagai komunikasi dalam jaringan.
- Mendeskripsikan kembali pengertian komunikasi dalam jaringan.
- Mengidentifikasi jenis komunikasi dalam jaringan.
- Menjelaskan tujuan dan fungsi komunikasi dalam jaringan.
- Mengidentifikasi komponen pendukung komunikasi dalam jaringan.
E.  Materi Pembelajaran 
- Pengertian komunikasi dalam jaringan.
- Jenis komunikasi dalam jaringan.
- Tujuan komunikasi dalam jaringan.
- Fungsi komunikasi dalam jaringan.
- Komponen pendukung komunikasi dalam jaringan.
F.  Pendekatan / Model / Metode Pembelajaran 
·        
Pendekatan pembelajaran        : Scientific 
·        
Model pembelajaran               :
Cooperative Learning Type 
·        
Metode pembelajaran              :
Ceramah, presentasi, diskusi 
 
 
